LIVE IT!

tidbits of my life

(Persiapan) Jalan-jalan ke Negeri Sakura

Setelah absen travelling yang jauh-jauh selama beberapa lama sejak kelahiran Rea, akhirnya momen ngabisin cuti besar jadi alasan kuat untuk minta jalan-jalan. Rencananya cukup impulsive, setelah ngecek ketersediaan budget (pastinya dong ya!) di Februari, kita menimbang-nimbang keberangkatan antara bulan Maret hingga Juli (karena visa Jepang juga belum ada dan cuti besar saya habis per 1 Agustus 2018). Akhirnya, diputuskan di bulan Mei karena males kalo super crowded di musim semi dan pertimbangan bulan Mei cuaca juga masih sejuk harusnya. Kenapa Jepang? Udah lama sih pengen ngeliat Jepang, plus habis googling2 Jepang ini cukup family-friendly. Timingnya juga cukup pas karena Rea udah bisa makan makanan keluarga dan dia juga udah mulai bisa mencerna apa yang dia lihat.

Setelah mencocokkan tanggal keberangkatan dengan jadwal off Jury, jadilah kita putuskan berangkat tanggal 11 Mei dan pulang 20 Mei.. biar masi sempet istirahat sebelum balik kerja lagi. Beberapa persiapan yang (sempat) kita lakukan sbb.

  1. Beli tiket di traveloka, pake promo pp ANA dari kota yang sama jadi sekitar 5jt pp per orang. Untuk Rea dikenakan tarif 1jt untuk pp nya. Yang biasanya kalo keluar negeri naik yg low-cost, Jury pengen naik yg fullboard karena bawa Rea katanya -> contoh bapak protektip
  2. Habis beli tiket, baru deh kita ngurus2 dokumen untuk apply visa. Dokumennya ngga susah sih, cuma fotokopi ktp dan kk, pas foto latar belakang putih 4,5 x 4,5 2 lembar, surat keterangan kerja, rekening koran 3 bukan terakhir (min. 30jt per person, then you’re good to go), bukti pemesanan tiket dan akomodasi, kopi akte pernikahan dan kelahiran kalau anak dan pasangan ikut, dan itinerary sesuai format + form aplikasi visa. Yang bikin ribet karena kita ktp Balikpapan dan mesti ngurus ke Surabaya.. jadi akhirnya kita pake jasa orang untuk ngurusin di Surabaya, daripada bolak balik Surabaya ye kaaan.. (japri ya buat kontaknya, harganya lebih murah drpd jasa travel gitu sih hehehe)
  3. Untuk penginapan kita mesen di AirBnB dengan budget maksimal 1jt per malamnya. Ngga nyari yang fancy2 banget juga sih, secara kita di penginapan numpang bobok aja, mostly di luar rumah.
  4. Nyusun itinerary yang seimbang dan adil buat semuanya.. ngga kids-oriented banget tp juga ngga lupa lupa nyelipin tempat2 yang bias bikin bocah happy. Nyusun itinerary sekalian juga nyusun budget per harinya. Liburan sih liburan, tapi jangan sampe pulang liburan malah ngga happy pas liat buku tabungan hehehe. Selama beberapa bulan menjelang liburan juga kita hemat2 pengeluarannya, motivasinya biar bisa belanja dan makan2 lebih puas pas liburan 😀
  5. Beli tiket JR Pass via Tokopedia sesudah kalkulasi biaya perjalanan dengan dan tanpa JR Pass. Tiket bus dan tiket masuk USJ juga saya beli duluan biar hemat waktu aja
  6. Pengaturan mobilisasi pindah kota dengan bawa bocah. Rea udah bisa jalan sih, tapi arahnya ya suka2 dia. Kalau mau digendong.. mmmm agak berat sih kyknya kalo seharian nggendong nya (bobot Rea kala itu sekitar 11,5 kg). Kita putuskanlah untuk beli travel stroller dengan kriteria ringan tapi juga tidak ringkih. Kenapa beli dan bukan sewa? Karena rencananya bakal dipakai berkali2 berhubung saya sering bawa anak kalo pas dines. Selain itu, kita juga udah mikirin bawaan yang ngga nyusahin, dikarenakan akan pindah2 kota selama 10 hari itu. Alhasil, kami berangkat dengan 1 koper medium (full), 1 koper small (kosong), 1 ransel, 1 tas jinjing, dan 1 stroller. Bawaan segitu masih bisa kami berdua handle sambil bawa Rea dan tentunya masih ada slot 1 koper kosong untuk belanjaan dan oleh2.

Sementara itu aja yang kepikiran sih. Kalau ada yang kepikiran lagi, nanti saya tambahin lagi untuk persiapannya. Yang jelas, jangan ragu buat travelling ke Jepang walaupun masih punya bayi atau bawa orang tua.. rasanya semua orang, dari bayi sampai lansia, dari yang normal sampai berkebutuhan khusus, kyknya semua bisa hidup di sana deh (asal punya duit sih wakakak). See you on the next post!

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 15, 2018 by in daily life, review, travel.

Navigation

%d bloggers like this: